Aug 06, 2020 Dunia Enterpreneur

Industri Mebel Dan Kerajinan Keluhkan Kelangkaan Bahan Baku Rotan

Dia memberi contoh komoditas furnitur, yang lima tahun lalu Asosiasi Pengusaha Furnitur menargetkan ekspor tahun 2019 mencapai US$ 5 miliar. Namun karena upaya peningkatan ekspor tidak didukung oleh regulasi yang pro dunia usaha, target ekspor itu tidak dapat tercapai. Namun, kata Irwan, proses pembahasan Perda ini sedikit mengalami kebuntuan. Pasalnya, berdasarkan penyampaian beberapa pihak, mulai dari eksekutif, pengusaha tembakau dan juga petani, dalam Perda tersebut tidak bisa mengatur soal standarisasi harga.

Disamping itu, semua jenis rotan yang ada dapat dimanfaatkan oleh industri mebel dan kerajinan rotan didalam negeri menjadi produk barang jadi. Pada , Indonesia masih menjadi eksportir utama bahan baku rotan, diikuti oleh Singapura (diluar fakta bahwa Singapura tidak memiliki lahan/hutan yang ditumbuhi rotan). Pada akhir tahun 2011, pemerintah memberlakukan kebijakan larangan ekspor bahan baku rotan. Namun demikian, sampai saat ini, Singapura masih menjadi eksportir utama bahan baku rotan, walaupun nilai ekspornya terus turun. “Rotan yang diekspor Singapura disinyalir merupakan rotan ilegal yang berasal dari Indonesia.

Ekspor bahan- bahan langka

Untuk tindak pidana penyelundupan barang bidang ekspor juga sama dengan penjaga 1 sampai 10 tahun dan denda sebesar 50 juta sampai 5 miliar rupiah. Dengan adanya berbagai macam barang tersebut maka memang pemerintah sudah memiliki peta tersendiri untuk berusaha menggagalkan segala cara yang digunakan oleh pelaku dalam berusaha menyelundupkan barang. Meskipun memang dianggap menguntungkan oleh konsumen atau sebagian pihak yang membutuhkannya, tetapi sebenarnya ada kerugian negara yang besar dibaliknya yang seringkali diabaikan atau bahkan tidak diketahui oleh masyarakat secara luas. Penertiban modus ship to ship ini tentunya tidak bisa dilakukan hanya dari satu pihak.

Direktur Utama PT Indo Oil Perkasa Tbk, Johan Widakdo Liem, mengatakan dana yang diperoleh dari IPO ini sebesar Rp forty,50 miliar. Dana hasil IPO akan digunakan untuk pembiayaan modal kerja pembelian bahan baku produksi. Sehingga dengan patroli yang dilakukan secara berkala ke seluruh wilayah perairan Indonesia maka akan semakin sedikit ruang yang dimiliki para pelaku penyelundupan untuk bergerak. Adanya tindakan tersebut diharapkan semakin sedikit kasus untuk penyelundupan tanaman yang memiliki harga mahal dan langka dari Indonesia. Adanya tindakan pemerintah ini maka anda juga harus sangat berhati-hati dalam melakukan pengiriman barang apa lagi lintas negara. Jasa impor resmi Jakarta menjadi jasa yang akan memberikan bantuan optimal untuk kebutuhan anda mendapatkan kiriman barang secara optimum.

Ekspor nonmigas April 2021 mencapai US$17,52 miliar, naik 0,forty four persen dibanding Maret 2021. Indonesia merupakan produsen kelapa sawit terbesar kedua dunia setelah Malaysia. Tak heran jika komoditas ini selalu menjadi komoditas ekspor utama Indonesia. Sepanjang 2020 lalu, minyak nabati menempati peringkat pertama di deretan produk ekspor nonmigas dengan nilai US$20,72 miliar.