Sep 17, 2021 Pengetahuan Bisnis

Koneksi Bisnis Lemah Sebabkan Industri Perikanan Dan Kelautan Anjlok?

Mahasiswa mampu menjelaskan tentang konsep dasar dalam budidaya ikan baik tawar, payau dan laut dengan benar. Mata kuliah ini membahas tentang ruang lingkung sumberdaya akuatik, peraturan terkait manajemen sumberdaya akuatik, landasan dan penerapan hukum dalam manajemen sumberdaya akuatik, baik hukum positif maupun hukum adat, peran hukum adat dalam menjaga kelestarian sumberdaya akuatik. Fasilitas yang dimiliki pusat pelatihan ini memungkinkan pengembangan budidaya ikan baikpembenihan maupun pembesaran secara terpadu. Hasil dari usaha ini diharapkan dapat menjadi pemasok kebutuhan rumah makan terpadu, maupun untuk pemasaran bagi masyarakat umum. Untuk mendapatkan ikan yang diinginkan, kamu harus menangkapnya menggunakan jaring, memancing, maupun menangkapnya langsung dengan tangan. Ikan hasil tangkapanmu kemudian dijual dalam jumlah yang banyak sehingga uang yang dihasilkan bisa banyak sekaligus.

Bisnis perikanan

Sisanya adalah budidaya tambak air payau, budidaya di laut, budidaya dalam keramba dan budidaya jaring apung. Kenaikan produksi budidaya ikan dalam kolam air tawar cukup pesat yaitu berkisar eleven persen setiap tahun. Hal ini menujukkan ada gairah besar di masyarakat untuk mengembangkan usaha budidaya ikan air tawar.

“Ini merupakan kondisi terburuk dalam sejarah ekonomi perikanan. Ini perlu menjadi perhatian kita bersama,” ujar dia dalam acara Ngobrol Tempo, Kamis, 17 Desember 2020. Menurut Chrisna, pentingnya melibatkan anak muda, pelajar, ilmuwan, dan semua yang memiliki pengalaman dan ketertarikan di bidang akuakultur agar dapat mendorong terjadinya switch pengetahuan lintas generasi. Lihat saja Negara Jepang, selain industri otomotif dan mesin yang maju, dunia perikanan pun di negara jepang begitu menggeliat dan maju.

Potensi ekonomi yang besar di sektor perikanan dan kelautan, menurutnya, seharusnya dapat mengangkat kehidupan nelayan lebih sejahtera. Ia menuturkan, penghasilan rata-rata nelayan menurut Badan Pusat Statistik hanya Rp 1,1 juta per bulan. Jumlah nelayan dalam sepuluh tahun terakhir mengalami penurunan sebesar 50 persen, sedangkan tingkat konsumsi ikan nasional yang hanya forty kg per kapita per tahun,tergolong rendah dibandingkan negara-negara lain. Mata kuliah ini membahas tentang dasar teori pembenihan ikan dan pengembangan aplikasi teknologi.

Jenis usaha perikanan ini merupakan usaha perikanan yang berfokus untuk memproduksi ikan dengan cara menangkapnya di perairan darat atau di perairan laut . Sentra bisnis tersebut dibangun mulai dari ujung barat hingga ujung timur Indonesia. Di wilayah barat, fokus pengembangan dilakukan di Simeuleu, Aceh dengan potensi tangkapan ikan sebesar 36 ribu ton per tahun.